Skip to main content

Hubungan Kerajaan Mataram Islam dengan Banten dan Bali


IV-1 Banten-Mataram, 1646M-1652M
Selama enam tahun pemerintahannya, Sunan tidak merasa senang terhadap Banten karena Banten tidak mau memandang dirinya rendah dari Mataram. Sultan Banten dan putra mahkota membagi-bagikan senapan kepada penduduk lelaki yang berusia di atas tujuh tahun untuk menghadapi Mataram apabila Mataram hendak memerangi Banten. Sunan mencurigai orang-orang Banten dan ia merasa khawatir akan diserang dari kiri dan kanan karena Bali merupakan musuh bebuyutannya. Keadaan yang mengancam ini membuat Banten bersikap hati-hati dan Banten mengantar perutusan ke Mataram sekitar tahun 1648M-1649M. Untuk hubungan Mataram dengan Banten, Sunan memakai kaki tangannya di Cirebon.


IV-2 Perutusan Banten yang Pertama, 1650M
Sunan mengatakan bahwa ia akan saling menukar perutusan agar Banten mengirim utusan ke Mataram sebagai pertuanan yang harus disembah. Perutusan Mataram yang kembali ke Mataram turut diikuti oleh utusan dari Banten. Setelah menunggu yang agak lama di Semarang selama setengah bulan, mereka disambut dengan baik di rumah Mantri Wirakarta namun para utusan tetap berwaspada. Akhirnya datang utusan dari Tumenggung Singaranu dimana mereka disambut dengan ramah dikediaman patih tersebut. Setelah selesai mereka kembali ke penginapan dan menghadiri pertandingan gada berkuda dimana mereka tercenggang dengan penduduk Mataram yang ramai. Mereka juga tidak dibenarkan menghadap Sunan karena mereka dianggap mempunyai pangkat yang terlalu rendah namun rupaya Singaranu hanya menakuti saja dimana keesokkan harinya para utusan tersebut mereka diterima dengan khidmat oleh Sunan. Setelah pulang ke Banten, mereka segera menghadap Sultan mereka.

IV-3 Pagarage, 1650M
Dua tahun kemudian, terjadi percobaan Cirebon untuk menakluki Banten dikarenakan utusan Cirebon datang ke Banten dalam usaha untuk membujuk Sultan Banten pergi ke Mataram bersama Cirebon untuk menghadap Sunan Mataram. Sultan Banten enggan mengakui raja diatasnya selain Sultan Mekah. Mereka lantas pulang ke Cirebon yang menyebabkan para pembesar marah karena malu kepada Tumenggung Singaranu. Di Banten, orang-orang siap melakukan peperangan walaupun jumlah mereka sedikit. Terjadi kekalahan di pihak Cirebon karena Senapati Ngabei Panjangjiwa menyerahkan diri tanpa perlawanan. Lima puluh kapal Cirebon dirampas dan para awak kapal dibunuh meskipun telah mendapat ampun dan kepala mereka dibawa ke Banten.

IV-4 Pembalikan Politik, 1652M
Sunan berencana melakukan peperangan dengan Banten, namun para pemuka agama menasihati Sunan seperti mana yang diamanatkan Sultan Agung bahwa harus melakukan peperangan terhadap Blambangan terlebih dulu baru memikirkan penyerangan kaum seagama di Banten. Golongan pemuka agama telah bangkit kembali dan memelopori politik. Namun Sunan tidak menghiraukan malah ia memerintahkan pembuatan meriam dan senapan serta membuat uji coba ke atas meriam Jawa yang menggunakan peluru Belanda namun terjadi kekacauan. Sesudah peristiwa itu, badan Sunan dipenuhi bisul yang bernanah dan membatalkan niatnya. Ia memerintahkan para pemuka mendoakan dirinya dan dalam sepuluh hari ia sembuh. Sejak itu, Pangeran Purbaya dihormati dan dipandang sebagai orang keramat oleh Raja. Sejak itu, hubungan antara Mataram dan Banten bertambah baik.

IV-5 Perpecahan dalam Persahabatan Banten-Mataram,1656M
Susuhunan sedang mencarikan dua gadis untuk putranya dan untuk itu mungkin 100 gadis dibawa untuk dipilih, dan secara diam-diam akan ditolak gadis-gadis dari Banten, karena Sunan ingin memilih dari warganya sendiri. Hubungan antara Banten dan Mataram retak apabila Sunan yang mengutus Tumenggung Pati ke Banten untuk mengantar hadiah kepada Sultan. Hadiah mempunyai arti yang kurang menyenangkan bagi orang Banten. Sultan Banten menjawab dan dipandang sebagai sindiran terhadap kekurangan kesalehan Sunan.

IV-6 Perutusan Banten yang Kedua, 1657M
Tegangnya hubungan antara Mataram dan Banten itu tampak dari tibanya di Juwana tujuh perahu tempur Banten yang kuat dan dipersenjatai, berikut 2 orang utusan dari Kiai Mongjaya, yang membawa sepucuk surat dan hadiah kecil berupa dua gobar. Sebuah tasbih dari batu akik, dan beberapa ekor ayam jago serta burung. Mereka memohon dua lanang (perahu perang) untuk sultan mereka guna memelihara persahabatan yang baik. Tasbih yang dihadiahkan tersebut mengandung sindiran supaya Sunan menempuh jalan yang lebih lurus. Kedua lanang yang diminta tidak diberikan, sebab semua lanang termasuk milik Sunan.

IV-7 Sebab-sebab Perang Mataram dengan Banten
Sebagai alasan untuk berperang, Sunan kemudian menyatakan bahwa ia tidak tahan melihat kesombongan orang Banten. Raja merasa sangat tersinggung karena pelanggaran yang dilakukan Banten terhadap rakyat Mataram. Mereka membunuh rakyatnya di negaranya sendiri. Tetapi atas nasihat Tumenggung Pati, ia akan memberitahukan rencananya tersebut ke pihak Belanda terlebih dahulu dan tanpa persetujuan batavia tidak mungkin dapat diadakan serangan terhadap Banten. Sunan ingin supaya Banten menjadi kerajaan taklukannya. Kepala daerah Semarang menyita dua perahu Banten, dan kemudian menyuruh para penumpangnya pulang kembali, setelah disediakan bagi mereka sebuah perahu tua dengan sedikit air dan beras dengan menyampaikan pesan kepada Sultan bahwa bentengnya akan dihancurkan jika Sultan tidak datang untuk memberi sembah kepada Sunan.

IV-8 Ekspedisi ke Karawang, 1657M-1658M
Terjadilah pembersihan orang Banten di pantai utara sampai Karawang. Tahap berikutnya adalah perintah kepada empat penguasa pantai untuk berlayar ke Sungai Craoan (Karawang) dengan menggunakan enam perahu yang dipersenjatai dengan kuat dan memastikan bahwa tiada kapal-kapal Banten di sana. Untuk itu akan dipersiapkan perahu-perahu di pelabuhan-pelabuhan Juwana dan Jepara. Armada dari Juwana bergabung dengan armada Jepara, mereka bergerak menuju Jepara. Setiap kapal dipersenjatai senapan dan tombak. Dalam waktu pendek, ekspedisi mereka terlambat dilancarkan dikarenakan masuk campur Kompeni yang mencegah peperangan antara Mataram dan Banten. Angkatan darat juga mengalami masalah apabila mereka lambat melakukan penyebrangan ke Citarum, selain kekurangan bahan makanan dan penyakit menjadi penyebab keterlambatan Sebaliknya, Sunan mengizinkan lagi orang Banten untuk masuk ke pelabuhan-pelabuhannya, asalkan mereka tidak menganggu perahu warganya yang berdagang di Batavia.

IV-9 Perundingan-perundingan Perdamaian, 1659M
Sunan telah membuat langkah pertama agar rukun kembali dengan Banten dan Kompeni dengan mengirimkan hadiah atas nama putranya karena apabila ditolak, Sunan tidak merasa dihina. Mataram mengirimkan dua ekor kuda dan sepucuk surat dimana Kompeni membalas perbuatan yang sama untuk menyenangkan Sunan. Sementara, Mataram mengirim tujuh ekor kuda dan sepucuk surat yang berisikan gugatan antaranya dengan menyatakan bahwa selama perang beberapa perahu telah disita Kiai Aria dan juga sebaliknya isi dari surat Banten. Untuk menunjukkan rasa hormat, Sunan mengirimkan gong ke Mataram.

IV-10 Hubungan dengan Bali
Sejak ekspepedisi ke Blambangan, tidak pernah ada lagi hubungan baik dengan Bali dimana Raja ingin memblokade Bali. Sunan marah apabila mengetahui bahwa orang Cina tidak mengangkut beras ke Batavia tetapi ke Bali. Dibuat persiapan untuk melancarkan peperangan dengan Bali dimana Sunan pernah meminta untuk meminjam dua kapal perang namun ditolak. Mataram dan Palembang untuk melancarkan perang terhadap Bali. Orang Bali telah merampas kapal Makassar yang digunakan untuk mengirim utusan ke Jepara dan mereka juga menyerbu Pasuruan, membakar rumah serta membunuh penduduknya. Orang Banten dan Makassar membuat perlengakapan baru dan perundingan untuk menyerang Bali.

Comments

  1. Ngak ngira ada cerita seperti ini civil fibuat sinetron

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LAPORAN ILMIAH PROSES PEMBUATAN TAPE KETAN DAN TUAK

Kata Pengantar Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada hamba-Nya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul ‘’ cara membuat Tape Ketan dan Tuak ’’. Dalam menulis laporan ilmiah ini, alhamdulillah penulis tidak mendapatkan kendala – kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sabaruddin Ahmad S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan. Disini kami juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan kami, selaku penulis dapat dicapai dengan sempurna. Singkawang, 14 febuari 2013 Penulis  

laporan ilmiah pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan kacang hijau

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena masih banyak para petani yang belum memaksilmalkan pengunaan pupuk kandang ( kotoran sapi). Penulis melakukan penelitian pertumbuhan tanamankacang hijau dengan persentase pupuk kandang yang berbeda-beda. Dari berbagai dasar-dasar teori telah dipaparkan kandungan-kandungan dalam pupuk kandang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, memang benar bahwa pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Dan dari penelitian kami, pupuk kandang yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, dan harus sesuai dengan kondisi tanah, contohnya kalau tanah yang memiliki kadar nutrisinya rendah akan membutuhkan presentase pupuk kandang yang lebih banyak. Bab 1 : Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen di muka bumi ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah nutrisi. Salah satu sumber nutrisi adalah pupuk

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME              Gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik Barat. Disamping paskan itu, perjuangan mereka juga didukung oleh seluruh umat Islam di berbagai wilayah setempat yang menjadikan “kekuatan” yang dahsyat sehingga mereka dapat melepaskan diri dari belenggu imperialisme. Perjuangan mereka biasanya terwujud dalam bebrapa bentuk kegiatan, seperti (1) gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata, dan (2) gerakan pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan itu. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia, yaitupadatanggal 17 Agustus 1945. Indonesia merdeka dari penjajahan Jepang setelah Jepang dikalahkan oleh