Skip to main content

Mata Pencaharian Penduduk Pesisir Pantai Utara Jawa

Pesisir Pantai Utara Jaw

Dipesisir pantai utara Jawa, hutan mangrove dapat ditemukan di Kendal, Semarang, Demak, Jepara, pesisir Tegal dan Pemalang. Hutan mangrove memiliki fungsi ekonomis sebagi penghasil kayu dan daun-daunan yang bisa digunakn untuk bahan baku obat. Hal ini dimanfaatkan penduduk pesisir sebagi mata pencaharian alternatif.

Budidaya rumput laut

Potensi rumput laut di perairan Indonesia mencakup areal seluas 26.700 ha dengan potensi produksi sebesar 482.400 ton/tahun. Melihat besarnya potensi pemanfaatan rumput laut, terutama untuk ekspor, angka peluang untuk masuk dalam usaha ini amat besar, apalagi daerah pesisir pantai utara Jawa secara geografis sangat cocok untuk usaha budidaya rumputlaut. Keterlibatan semua pihak dalam teknologi pembudidayaan dan pemasaran merupakan factor yang menentukan dalam menggairahkan masyarakat dalam mengembangkan usaha budidaya rumput laut.
Pariwisata

Beberapa daerah di pesisir utara Jawa berpotensi menjadi obyek wisata dan dapat menjadi sumber matapencaharian masyarakat sekitarnya. Pantai tersebut diantaranya adalah pantai Pasir Kencono di Pekalongan, Pantai Ujung Negoro di Batang, Pantai Pasir Putih Tasikharjo di Rembang.
Home industry pengolahan produk makanan

Beberapa alternatif usaha yang cocok dikembangkan di daerah pesisir antara lain pengolahan rumputlaut menjadi dodol, cendol, agar, manisan. Selain itu juga terdapat pengolahan abon ikan, nugget ikan, dan tepung ikan. Selain itu juga bisa dijadikan ikan fillet, ekstrak ikan, kecap ikan dan minyak ikan.

Rembang

Di kawasan kawasan Rembang, tambak merupakan pemandangan umum, baik tambak udang dan bandeng maupun tambak garam. Pada musim penghujan, tambak garam yang bersalinitas tinggi biasanya juga diubah menjadi tambak bandeng, sehingga kawasan ini menjadi pemasok bandeng budidaya terbesar di Jawa Tengah setelah kabupaten tetangga baratnya, Pati. Kawasan pesisir Rembang juga menjadi penghasil garam terbesar di Jawa Tengah. Pertambakan ditemukan sepanjang pantai mulai dari Pecangakan hingga Lasem.

Pekalongan

Mata pencaharian pokok penduduk Pekalongan ialah pembatikan dan pertekstilan yang banyak dilakukan oleh orang Jawa, Cina dan Arab. Pembatikan merupakan bagian yang terbesar, baik jumlah perusahaannya maupun produksinya. Pekalongan memang sangat terkenal dengan kerajinan batiknya. Sentra kerajinan batik ini tersebar di wilayah kota dan kabupaten Pekalongan. Menurut Departemen perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah tahun 1999 tercatat terdapat 16 sentra batik di wilayah kodya dengan jumlah unit usaha sebanyak 476 unit usaha, dan 19 sentra batik di wilayah kabupaten Pekalongan dengan jumlah usaha sebanyak 670 unit usaha. Dari data di atas terlihat bahwa potensi industri kerajinan batik kota Pekalongan menempati posisi kedua setelah Kota Surakarta. Selain dikenal dengan pusat industri kerajinan batik di wilayah pantai utara Jawa, Pekalongan juga dikenal dengan kerajinan tenun tradisional dengan mempergunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Batik yang dihasilkan Pekalongan berdasarkan pembuatannya terdiri dari batik tulis, batik cap, batik printing dan batik kombinasi. Batik tulis saat ini terdapat di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Kendal

Matapencaharian di daerah Kendal diwarnai berbagai sektor, antara lain perindustrian, perkebunan, pertanian, prikanan dan perdagangan. Industri yang telah berkembang sejak jaman kolonial yaitu Pabrik Gula Cepiring. Perkembangan bidang perkebunan di Kendal juga dipengaruhi oleh perkembangan perindustrian di Kendal. Perkebunan milik swasta yang berkembang di Kendal adalah perkebunan dengan jenis tanaman seperti kopi, teh, dan tebu. Area perkebunan pada wilayah Kendal hampir secara keseluruhan berada pada daerah perbukitan dan lereng gunung. Kawasan pertanian dapat dijumpai pada beberapa tempat yang hampir di seluruh kawasan Kecamatanan yang ada memiliki kawasan pertanian terutama berupa persawahan. Dalam pengenalan mengenai jenis-jenis sawah, di Kendal terdapat beberapa jenus sawah yang diklasifikasikan menurut kondisi geografis. Dari jenis sawah tersebut maka jenis tanaman pun beragam.
Lahan sawah rawa : lahan yang biasanya ditanami padi dan pengairannya berasal dari sistem perembesan air rawa.
Lahan sawah tadah hujan : merupakan lahan sawah yang pengairannya tergantung dari curah hujan.
Lahan sawah lebak : merupakan lahan sawah yang pengairannya berasal dari reklamasi rawa lebak.
Lahan sawah irigasi : merupakan lahan sawah yang sistem pengairannya berasal dari air sungai.

Dari beberapa tipe persawahan tersebut di Kendal memiliki beberapa komoditi pertanian seperti padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang panjang, kacang panjang, ubi-ubian, dan tomat. Sebagian masyarakat Kendal bagian selatan yang tinggal di dekat pusat kota mayoritas penduduknya adalah pedagang dan juga ada yang berprofesi sebagai petani. Pada kawasan Kendal bagian selatan ini masih terdapat tanah persawahan yang cukup luas, dan juga tanah perkebunan yang hampir seimbang dengan area pertanian.

Kawasan Kendal bagian utara memiliki potensi untuk perkembangan perikanan terutama untuk jenis udang, kepiting dan juga bandeng. Selain itu masyarakat pesisir Kendal juga menggantungkan kehidupannya dengan hasil laut. Selain sebagai nelayan, perkembangan pertambakan di kawasan pesisir Kendal juga menjadi salah satu daya tarik bagi nelayan. Komunitas pertokoan di hampir setiap pusat perdagangan di Kendal biasanya didominasi oleh kepemilikan Tionghoa meskipun demikian Pemerintah juga tetap berusaha meningkatkan perekonomian pribumi dengan mengembangkan beberapa sarana penunjang untuk perdagangan. Hal tersebut dikarenakan kekuatan perekonomian suatu wilayah di pengaruhi oleh pertumbuhan perekonomian tiap daerah administrasinya. Sejak masa Kolonial Hindia Belanda, keberadaan pasar pada setiap district sudah menjadi salah satu faktor utama pengembangan masyarakat dalam upayanya mencukupi kebutuhan hidupnya.

Cirebon

Mata pencaharian masyarakat Cirebon bervariatif seperti nelayan, pedagang, petani dan industri. Cirebon terkenal dengan mata pencaharian nelayan dimana Cirebon adalah salah satu pemasok terbesar terasi. Hal ini bisa kita urut dari sejarah bahwa Cirebon adalah pelabuhan. Selain itu dari segi nama Cirebon memiliki arti Ci adalah air dan Rebon adalah udang. Di daerah pesisir selatan Cirebon mayoritas masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN ILMIAH PROSES PEMBUATAN TAPE KETAN DAN TUAK

Kata Pengantar Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada hamba-Nya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul ‘’ cara membuat Tape Ketan dan Tuak ’’. Dalam menulis laporan ilmiah ini, alhamdulillah penulis tidak mendapatkan kendala – kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sabaruddin Ahmad S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan. Disini kami juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan kami, selaku penulis dapat dicapai dengan sempurna. Singkawang, 14 febuari 2013 Penulis  

laporan ilmiah pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan kacang hijau

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena masih banyak para petani yang belum memaksilmalkan pengunaan pupuk kandang ( kotoran sapi). Penulis melakukan penelitian pertumbuhan tanamankacang hijau dengan persentase pupuk kandang yang berbeda-beda. Dari berbagai dasar-dasar teori telah dipaparkan kandungan-kandungan dalam pupuk kandang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, memang benar bahwa pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Dan dari penelitian kami, pupuk kandang yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, dan harus sesuai dengan kondisi tanah, contohnya kalau tanah yang memiliki kadar nutrisinya rendah akan membutuhkan presentase pupuk kandang yang lebih banyak. Bab 1 : Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen di muka bumi ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah nutrisi. Salah satu sumber nutrisi adalah pupuk

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME              Gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik Barat. Disamping paskan itu, perjuangan mereka juga didukung oleh seluruh umat Islam di berbagai wilayah setempat yang menjadikan “kekuatan” yang dahsyat sehingga mereka dapat melepaskan diri dari belenggu imperialisme. Perjuangan mereka biasanya terwujud dalam bebrapa bentuk kegiatan, seperti (1) gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata, dan (2) gerakan pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan itu. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia, yaitupadatanggal 17 Agustus 1945. Indonesia merdeka dari penjajahan Jepang setelah Jepang dikalahkan oleh