Skip to main content

Pembukaan Kembali Loji Kompeni pada Masa Mataram Islam

XII-1 Pembukaan Kembali Pelabuhan-Pelabuhan, 1661M
Dikirimnya utusan yang bernama Patra dari Demak ke Batavia dengan membawa berita atas perintah Sunan Mataram dimana pelabuhan-pelabuhan yang ditutup sekian lama akan dibuka segera kembali. Pihak Kompeni memberitahu peristiwa ini ke negeri Belanda.
XII-2 Kembalinya Orang Belanda di Jepara
Atas perintah Raja, Kompeni harus kembali ke Jepara untuk menempati loji yang telah lama terbengkalai. Jika ia tidak mau, maka akan dilancarkan perang. Dikirim David Luton ke Jepara dimana ia diberi tugas mengetahui keadaan loji di sana. Loji itu akan diperbaiki oleh pihak Jawa dan ia diberikan rumah bekas orang Cina dengan harga 150 rial. Ia mau menempati loji jika ada perintah dari Sunan. Sunan mengizinkan orang Belanda untuk kembali ke Jepara dan Kompeni menempati lojinya yang dulu tetapi dengan syarat tidak menempatkan meriam di dalamnya. Kartijaya, bupati Jepara menemui Luton ke rumahnya dimana Sunan Mataram memerintah kepadanya agar ia kembali menempati loji Kompeni seperti semula karena Sunan tidak menerima ia tinggal di rumah Cina, maka Luton pun menempati lojinya dengan secepatnya.

XII-3 Desakan Supaya Dikirim Perutusan, 1661-1663M
Pihak Mataram mengharapkan adanya perutusan yang dikirim Batavia ke Mataram. Namun Residen Luton, bahwa tidak ada manfaat jika menghantar utusan karena Jawa semakin angkuh dan banyak permintaan yang harus dipenuhi yang menguntungkan Jawa. Pada pendapat Kompeni, pengiriman utusan harus melambangkan hubungan persahabtan antara dua pihak yang sama tingginya dan bukan sebagai vazal yang datang bersembah sebagaimana dikehendakinya. Padahal pihak Jawa sangat mengharapkan utusan dan sering kali disinggung tentang itu namun pihak Kompeni berpura-pura tidak tahu. Akhirnya pihak Jawa secara terang-terangan menanyakan tentang pengiriman utusan, namun Lotun mengatakan asalkan para utusan akan dihormati sesuai dengan derajatnya. Semenjak itu, masalah legasi tidak disinggung lagi.
XII-4 Keresahan Setelah Kegagalan, 1663-1664M
Sebuah perutusan untuk menyampaikan hormat, puji dan terima kasih tetap tidak kunjung tiba dimana menurut Sunan akan menggoyahkan kewibawaan, dan dasar dalam kehidupan masyarakat Jawa. Makassar memperkuat diri yang disebabkan menyebarnya tewasnya Ngabei Martanata dan ketegangan yang trejadi antara Mataram dan Giri serta daerah pedalaman melakukan perlawanan walaupun belum dalam wujud perbuatan nyata.
XII-5 Para Residen Belanda di Jepara, 1661-1666M
Seorang pedagang Jawa telah mengirim surat kepada Batavia yang melaporkan kelakukan buruk residen Jepara yaitu David Luton dimana ia tidak menepati perjanjian dengan dirinya,menindas orang-orang Jawa dan kelasinya, mabukan-mabukan serta meganggu ketenteeraman masyarakat. Pemerintah Kompeni merasa marah dan Luton berjanji akan berubah namun masih diterima laporan-laporan buruk tentang dirinya. Maka dari itu, Kompeni mengirim Simon Simonsz. Luton digantikan dengan Pieter Brinckhoff dan ditemukan banyak melakukan penyelewangan keuangan serta hubungan antara residen dan wakilnya tidak harmonis. Kedudukannya diganti oleh Danckert van der Straeten dan wakilnya Jacob Couper dimana residen tersebut diadukan oleh Ngabei Wiradika.
XII-6 Pemerintahan Tanumenggala, 1663M
Pemerintahan Kepala Daerah Mataram diterapkan di Jepara dimana tidak lagi mempunyai seorang kepala daerah tetapi diperintah oleh oknum-oknum dari tumenggung Mataram. Sunan tidak lagi mengangkat kepala daerah lagi tetapi menganti pembesar setiap tahun. Kiai Tanumenggala berkuasa di Jepara sebanyak dua kali dengan nama Ngabei Wangsadipa dimana ia sangat hati-hati, tidak mau memberikan tempat tinggal orang Belanda di darat dan melarang orang-orang Jawa meninggalkan pelabuhan. Ia digantikan oleh Kiai Reksamenggala.
XII-7 Tampilnya Para Pedagang Yang Berkuasa, 1665-1667M
Para pedagang Mor adalah pedagang yang menikahi wanita Jawa yang sudah lama tinggal di Jepara dan memperoleh kehidupan yang sangat baik dengan berdagang dimana mereka menawarkab rang seperti gula pasir, emas, kyda, kayu sappan dan beberapa kulit kerbau selain mengetahui keadaan pasaran di Mataram. S. Simonsz melakukan perjanjian dengannya jual beli. Mereka dipanggil menghadap istana dengan disertai beberapa hakim bawahan. Selain membicarakan hal dagang mereka juga diperintahkan oleh Sunan untuk mengunjungi bagian keuangan beberapa kepala daerah. Sunan telah memecat dan menyita seluruh harta Tumenggung Reksamenggala karena kekurangan uang yang dipercayai Sunan untuk mencari untung yang akhirnya menjadi pejabat bawahan kepala daerah selanjutnya. Para pedagang tersebut dipercayai Sunan 20.000 ringgit yang digunakan untuk melakukan perdagangan dan mereka meminta surat jalan ke timur namun ditolak.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN ILMIAH PROSES PEMBUATAN TAPE KETAN DAN TUAK

Kata Pengantar Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada hamba-Nya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul ‘’ cara membuat Tape Ketan dan Tuak ’’. Dalam menulis laporan ilmiah ini, alhamdulillah penulis tidak mendapatkan kendala – kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sabaruddin Ahmad S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan. Disini kami juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan kami, selaku penulis dapat dicapai dengan sempurna. Singkawang, 14 febuari 2013 Penulis  

laporan ilmiah pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan kacang hijau

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena masih banyak para petani yang belum memaksilmalkan pengunaan pupuk kandang ( kotoran sapi). Penulis melakukan penelitian pertumbuhan tanamankacang hijau dengan persentase pupuk kandang yang berbeda-beda. Dari berbagai dasar-dasar teori telah dipaparkan kandungan-kandungan dalam pupuk kandang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, memang benar bahwa pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Dan dari penelitian kami, pupuk kandang yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, dan harus sesuai dengan kondisi tanah, contohnya kalau tanah yang memiliki kadar nutrisinya rendah akan membutuhkan presentase pupuk kandang yang lebih banyak. Bab 1 : Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen di muka bumi ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah nutrisi. Salah satu sumber nutrisi adalah pupuk

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME              Gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik Barat. Disamping paskan itu, perjuangan mereka juga didukung oleh seluruh umat Islam di berbagai wilayah setempat yang menjadikan “kekuatan” yang dahsyat sehingga mereka dapat melepaskan diri dari belenggu imperialisme. Perjuangan mereka biasanya terwujud dalam bebrapa bentuk kegiatan, seperti (1) gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata, dan (2) gerakan pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan itu. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia, yaitupadatanggal 17 Agustus 1945. Indonesia merdeka dari penjajahan Jepang setelah Jepang dikalahkan oleh