Skip to main content

Pedoman Wawancara Penelitian pendidikan (Penelitian SEJARAH)



Pedoman Wawancara

Peran Pendidikan Sejarah Terhadap Ketahanan Nasional Masyarakat Daerah Perbatasan

(Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat)

           

Penilitian ini semata mata hanya untuk keperluan penilitian ilmiah (PKM) dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan di luar itu, jawaban dari bapak/ibu akan sangat membantu dalam penilitian ini. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan bapak/ibu untuk memberikan jawaban-jawaban yang sesungguhnya, karena akan sangat membantu dalam penilitian ini:

Identitas informan

a.       Nama

: ...............................................................................................

b.      Usia

: ...............................................................................................

c.       Jabatan

: ...............................................................................................

d.      Alamat

: ...............................................................................................


Daftar Pertanyaan

1. Apakah anda pernah mendapatkan pelajaran pendidikan sejarah?

2. Sejak kapan anda mendapatkan pelajaran pendidikan sejarah?

3. Menurut anda, pentingkah pendidikan sejarah bagi anda dan masyarakat di daerah perbatasan?

4. Seberapa banyak pengetahuan sejarah yang berkaitan dengan sejarah nasional yang anda ketahui?

5. Sebutkan pengetahuan sejarah nasional yang menarik bagi anda!

6. Apakah anda mengetahui tentang ketahanan nasional?

7. Seberapa besar manfaat pendidikan sejarah terhadap ketahanan nasional anda dan masyarakat perbatasan?

8. Bagaimana model pembelajaran sejarah di sekolah anda?

9. Menurut anda, apakah guru yang mengampu pembelajaran sejarah berkompeten di bidangnya?

10. Apakah keberadaan buku-buku sejarah sudah memadai?

11. Apakah materi pendidikan sejarah yang anda dapatkan sudah cukup bagi anda?

12. Apa daya dukung yang mendukung pembelajaran sejarah di sekolah anda?

13. Apa hambatan yang menghambat pembelajaran sejarah di sekolah anda?

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN ILMIAH PROSES PEMBUATAN TAPE KETAN DAN TUAK

Kata Pengantar Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada hamba-Nya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul ‘’ cara membuat Tape Ketan dan Tuak ’’. Dalam menulis laporan ilmiah ini, alhamdulillah penulis tidak mendapatkan kendala – kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sabaruddin Ahmad S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan. Disini kami juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan kami, selaku penulis dapat dicapai dengan sempurna. Singkawang, 14 febuari 2013 Penulis ...

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME              Gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik Barat. Disamping paskan itu, perjuangan mereka juga didukung oleh seluruh umat Islam di berbagai wilayah setempat yang menjadikan “kekuatan” yang dahsyat sehingga mereka dapat melepaskan diri dari belenggu imperialisme. Perjuangan mereka biasanya terwujud dalam bebrapa bentuk kegiatan, seperti (1) gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata, dan (2) gerakan pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan itu. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia, yaitupadatanggal 17 Agustus 1945. Indonesia mer...

PETUNJUK PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN BAHAN MAKANAN

PETUNJUK PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN BAHAN MAKANAN A.    TUJUAN Mengetahui adanya karbohidrat, lemak, dan protein pada makanan. B.     ALAT DAN BAHAN Alat 1.        Tabung reaksi 2.        Mortar 3.        Plat tetes 4.        Kertas buram 5.        Pembakar Spirtus Bahan 1.        Larutan benedict (Fehling A + Fehling B) 2.        Larutan lugol 3.        Larutan biuret (NaOH 20% + CuSO4 0,1 M) 4.        Berbagai bahan makanan C.     CARA KERJA I.       UJI KARBOHIDRAT (AMILUM) 1.     Hancurkan bahan makanan yang akan diuji menggunakan mortar porselein. 2.     Masukkan masing-masing baha...