Pedoman Wawancara
Peran Pendidikan Sejarah Terhadap Ketahanan Nasional Masyarakat
Daerah Perbatasan
(Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas
Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat)
Penilitian ini semata mata hanya untuk keperluan penilitian ilmiah
(PKM) dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan di luar itu, jawaban dari
bapak/ibu akan sangat membantu dalam penilitian ini. Sebelumnya saya
mengucapkan terima kasih atas kesediaan bapak/ibu untuk memberikan jawaban-jawaban
yang sesungguhnya, karena akan sangat membantu dalam penilitian ini:
a.
Nama
: ...............................................................................................
b.
Usia
: ...............................................................................................
c.
Jabatan
:
...............................................................................................
d.
Alamat
:
...............................................................................................
Daftar Pertanyaan
1. Apakah anda pernah mendapatkan pelajaran pendidikan sejarah?
2. Sejak kapan anda mendapatkan pelajaran pendidikan sejarah?
3. Menurut anda, pentingkah pendidikan sejarah bagi anda dan masyarakat di daerah perbatasan?
4. Seberapa banyak pengetahuan sejarah yang berkaitan dengan sejarah nasional yang anda ketahui?
5. Sebutkan pengetahuan sejarah nasional yang menarik bagi anda!
6. Apakah anda mengetahui tentang ketahanan nasional?
7. Seberapa besar manfaat pendidikan sejarah terhadap ketahanan nasional anda dan masyarakat perbatasan?
8. Bagaimana model pembelajaran sejarah di sekolah anda?
9. Menurut anda, apakah guru yang mengampu pembelajaran sejarah berkompeten di bidangnya?
10. Apakah keberadaan buku-buku sejarah sudah memadai?
11. Apakah materi pendidikan sejarah yang anda dapatkan sudah cukup bagi anda?
12. Apa daya dukung yang mendukung pembelajaran sejarah di sekolah anda?
13. Apa hambatan yang menghambat pembelajaran sejarah di sekolah anda?
Comments
Post a Comment