Annales sejak lahirnya Perang Dunia II sudah memiliki basis institusional yang jelas. Selain dari perubahan-perubahan fundamental selama itu, terdapat kesinambungan dalam bahasa yang mereka gunakan dan konsep-konsep yang mereka pergunakan dalam karya awal pendiri-pendirinya, Lucien Febvre dan Marc Bloch. Diskusi mengenai metoda, yang mulai tahun 1900, terdapat dalam Jurnal Henri Berr, Revue dan Synthese Historique yang menandai tradisi atau peralihan ke jenis baru ilmu sejarah.
Seorang sejarawan terkemuka dari Prancis, Denys Lombard pada tingkat yang paling ideal pendekatan ia ingin menjadikan ilmu sejarah, seperti kata Brudel dengan bangga, “sebuah pasar bersama dari ilmu-ilmu kemanusian”. Hasrat seperti inilah sesungguhnya yang menjadi tekad Lucien Febvre dan Marc Bloch ketika mereka menerbitkan majalah Annales (1929), yang kemudian dipakai sebagai nama ‘mahzab’ penulisan sejarah yang mereka pelopori. Dengan majalah Annales, mereka ingin membongkar dinding-dinding yang membatasi sejarah dari kajian sosial dan ekonomi, bukan teori yang serba meninggi, tetapi dengan “fakta dan contoh”.
Basis intelektual Annales diletakkan oleh Febvre dan Bloch jauh sebelum mereka mendirikan sebuah jurnal. Sejarah bagi sejarawan Annales menempati peran sentral di antara ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan historisme klasik. Jika dahulu historisme klasik menempatkan negara sebagai institusi kunci dimana semua aspek masyarakata dan budaya lainnya disubordinasi, sedangkan sejarawan Annales meniadakan batasan-batasan antara disiplin tradisional dalam rangka menyatukannya ke dalam ”science of man”, bentuk jamak (plural) sengaja dipakai, untuk menegaskan kemajemukan ilmu pengetahuan (sciences). Kelompok Annales tidak mengikuti model-model yang diberikan oleh pernyataan-pernyataan Ranke yang terpecah-pecah dan pernyataan-pernyataan dogmatis Droysen yang sistemis.
Mazhab Annales di Prancis menganjurkan kooperasi antara ilmu sejarah dangan ilmu sosial. Sejak saat itulah scientific history (tradisi positivisme Leopold von Ranke) ditinggalkan. Seperti diketahui scientific history memilih sastra dan filsafat untuk beraliansi. Sejarah harus rigorous, faktual, akurat, wie es eigentich gewesen (apa yang sebenarnya telah terjadi), dan dituturkan dengan baik. Sebaliknya,\ Annales memilih ilmu sosial. Lucien Febvre menunjukkan pentingnya psikologi untuk sejarah. Fernand Braudel menunjukkan ilmu-ilmu kemanusiaan, sosiologi, ekonomi, geografi, dan demografi. Sedangkan E. Le Roy Ladurie pada demografi dan geografi.
Subject matter sejarah pun berubah. Sejarah sosial menggantikan sejarah politik. Politik tidak lagi menjadi tulang punggung studi sejarah, sejarah menjadi ilmu yang multidisipliner. (Adapun sejarah politik yang membicarakan raja-raja, perang, dan pemerintahan, kemudian berubah menjadi studi tentang kekuasaan [power]).
Bagi mazhab Annales, perilaku individu dalam sejarah hanya bisa dimengerti dalam konteks masyarakat, bukan dari ilmu jiawa, atau sejenisnya. Masyrakat ini mewujudkan dirinya dalam hal-hal yang konkrit yang bisa kita amati, seperti tak ubahnya kita mengamati gejala alam. Masyarakat terwujud dalam pranata dan kelembagaan dan peninggalan material yang konkrit. Inilah yang pernah disebut oleh Durkheim sebagai “fakta sosial”, sesua tu yang bisa dipahami dari dirinya sendiri.[1]
Tidak ada dominator politik yang dapat ditemukan dalam Annales. Walaupun kontribusi kelompok ini banyak berasal dari kaum repubilkan dan patriot-patriot Prancis, namun mereka kurang ideologis dan pada kebanyakan sejarawan Jerman yang memandang fungsi kesarjanaan mereka sebagai justifikasi tujuan nasional Jerman dan institusi politik dan sosial dari Imperial German. Sedangkan yang sangat penting pada masa awal Annales ialah ekonomi, sosiologi, dan antropologi.
Sejarawan Annales memperkenalkan konsep baru periodisasi sejarah. Studi mereka lebih banyak menyinggung pandangan budaya atau zaman selain dari pada aliran sejarah yang berkenaan dengan proses perubahan melalui zaman. Mereka melepas gagasan sejarah linier, sejarah direksional, karakteristik dari banyak banyak pemikiran sejarah sejak masa Renhart Koselllck yang disebut sebagai peralihan antara sekitar tahun 1750 dan 1850 dari zaan pra modern ke zaman modern. Denag ketertinggalan konsep waktu linier, kepercayaan pada kemajuan dan keyakinan superioritas budaya Barat juga pecah. Tidak ada lagi konsep perkembangan sejatrah holistik dimana narasi global harus menemukan bentuk ekspresi baru di dalam kondisi baru ini.
Pandagan Annales tidak konstan selama delapan puluh tahun, walaupun ada kesinambungan antara karya-karya Febvre dan Bloch terdahulu dan karya-karya Annales selanjutnya. Mereka mencerminkan transformasi paling penting dalam pemikiran sejarah abad ke-20. Geografi merupakan segmen terpenting dalam historiografi Annales, tetapi ini selalu merupakan kesadaran human geography dari interaksi budaya dan ruang fisik.
Tahun 1960 pesona umum dalam ilmu-ilmu sosial dengan kuantifikasi juga terdapat pada Annales. Sejarawan Annales semakin banyak ingin menjadi ilmuwan. Mereka sering menyebut institusi mereka “laboratorium” dan mengatakan sejarah sebagai sains, ilmu sosial, tetapi sebagaimana sering mereka ulang, harus bekerja secara kuantitatif jika sejarah diinginkan menjadi ilmiah.
Salah seorang tokoh mahzab Annales yang paling terkemuka, Le Roy Laduire pernah membagi pernah membagi sejarah mahzab Annales menjdi dua bagian. Pertama. periode sebelum 1945, ketika sejarah struktural kualitatif sangat dominan. Kedua, setelah 1945, di saat sejarah kuantitatif dari conjoctures memegang peranan penting. Dan ia adalah salah seorang tokoh utama di dalam periode kedua. Kalau periode pertama lebih mementingkan sejarah sosial dan sejarah mentalis. Sedangkan periode kedua lebih kepada masalah sosial-ekonomis dan demografis. Dengan segala macam angka tentang turun naiknya kecenderungan ekonomi, tentu bisa juga dibayangkan betapa membosankannya tulisan corak kedua ini bagi mereka yang ingin membaca karya sejarah sebagai sebuah karya literer.[2]
Struktur dipakai sejarawan dari mahzab Annales di Prancis untuk menjelaskan perubahan sosial dan sejarah. Adapun mahzab Annales dipengaruhi oleh konsep struktur dari strukturalisme, tidak dari Marxisme. Dengan sengaja mereka membuat jarak dengan Marxisme.
Menurut Christopher Lloyd dalam Explanation in Social History, penjelasan sejarah dengan konsep struktur mempunyai tiga aliran. Pertama, aliran budaya. Aliran ini melihat pada struktur budaya dengan meneliti produk-produk mental manusia dalam semua bentuknya. Penelitian antropologi, sejarah pemikiran, sejarah mentalis, psikologi, analisis sastrasering termasuk dalam aliran ini. Kedua, aliran geografi, ekonomi, dan sosial. Aliran ini melihat pada proses dan kontinuitas yang ada di bawah permukaan gejala-gejala sejarah. Ketiga, aliran yang memfokuskan diri pada epistemologi dan metodologi dalam hubungan antara strukturalisme dan cara penjelasan lainnya. Sebagai sejarawan, aliran pertama dan kedualah yang menjadi perhatian kita.
Gagasan struktur muncul menurut Lucien Febvre tidak boleh memaksakan secara a prior teori ke dalam penelitian tentang masyarakat dan sejarah, sementara sejarawan harus mencari dan menemukan fakta, tetapi tidak bersemboyan “fakta untuk fakta”. Sejarawan harus memahami, mengerti, dan menjelaskan fakta-fakta. Supaya sejarah tidak terjebak ke dalam teori di satu pihak dan narasi semata-mata di lain pihak, lahirlah konsep struktur. Struktur berguna untuk mengorganisasikan fakta-fakta. Menurut Marc Bloch, “sejarah adalah salah satu cara mengorganisasikan masa lalu, supaya masa lalu tidak menjadi beban”. Struktur membuat sejarah masa lalu secara analogis adalah juga sejarah masa kini.
Dalam tradisi strukturalis, struktur adalah model logico-matematis, abstrak, produk mental, dan berupa konstruksi sejarawan. Bahwa struktur itu konstruksi sejarawan dapat dicontohkan melalui model ekonomi begini: ekonomi informal nampak dipermukaan sebagai produksi dengan skala kecil, ekonomi barter, dan tukar menukar lokal. Ekonomi pasar nampak dipermukan sebagai produksi dan perdagangan, toko kecil, bengkel. tukar-menukar interlokal, pasar, dan bank. Ekonomi kapitalis nampak dipermukaan sebagai perdagangan internasional, transaksi keuagan,dan monopoli besar.
Bagi mazhab Annales yang dipengaruhi strukturalisme, struktur itu jangka panjang, berkelanjutan, dan berskala luas. Struktur itu bersifat geografis, ekonomis, sosial, dan budaya yang terletak dibawah gejala permukaan – seperti institusi politik, perang, dan perilaku perorangan. Fernand Braudel dari mahzab Annales adalah eksponen utama penganjur struktur setelah Febvre dan Bloch –para pendiri mahzab Annales- surut. Menurut Braudel waktu dalam sejarah dapat dibagi menjadi tiga tingkat kecepatan, yaitu longue duree (jangka panjang, struktur), konjunktor (conjuncture, conjuncture siklus), dan peristiwa (I’histoire evenementielle). Dalam Civilization and Capitalism, Braudel menjelaskan perihal struktur.[3]
Mazhab Annales merupakan suatu kelompok yang menekuni sejarah dengan metodologi yang berbeda. Sebuah “mazhab” yang diprakarsai oleh Lucien Febvre dan Marc Bloch ini dikenal dengan pendekatan “sejarah total”-nya. Dalam pemahaman sejarah total, sebagaimana dikatakan Bloch (1954),
Sejarah merupakan “ilmu” yang bertujuan untuk mengungkapkan kondisi-kondisi struktural yang tersembunyi dan dalam, menyibakkan mekanisme-mekanisme historis yang terdapat dalam struktur-struktur geografis, ekonomi dan kultural.
Sejarah total adalah sejarah tentang seluruh aspek kehidupan masyarakat; tidak hanya berkisar pada bidang-bidang yang baisanya dianggap paling penting, khususnya politik. Dengan demikian, sejarah tak hanya bersifat monografis, tapi luas cakupannya, termasuk cara berpakaian, meyajikan makanan, dan seluk-beluk keseharian manusia.
Dalam Sejarah Mentalis Nusa Jawa, Lombard membagi corak kajian menjadi tiga bagian. Corak pertama dan paling menonjol ialah monografi tentang sejarah politik. Seri monografi sejarah Mataram dari de Graaf adalah contoh yang mudah diingat, karena diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Corak yang kedua ialah sejarah intelektual atau pemikiran. Harus diakui bahwa pada umunya studi ini masih pada tahap analisa filologis teks-teks yang bahkan serba terputus satub dengan yang lainnya. Corak ketiga ialah sejarah sosial.[4]
Daftar Pustaka
Henri Chambert dan Hasan Muarif Ambary, Panggung Sejarah, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999.
Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Sumber Internet
Haukil, 2012, Annales dan Desakralisasi Sejarah, http://haukil.blogspot.com/2012/08/annales-dan-desakralisasi-sejarah.html diakses tanggal 31 Desember 2014.
http://ryakair.blogspot.com/2012/08/nusa-jawa-lombard-dan-ulasan-taufik.html diakses pada tangga 31 Desember 2014.
[1] Henri Chambert-Loir dan Hasan Muarif Ambary, Panggung Sejarah, (Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 1999) hlm.57.
[2] Ibid, 59.
[3] Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical Explanation). (Yogyakarta, Tiara Wacana, 2008) hlm. 60-61.
[4] Ibid, 53.
Comments
Post a Comment