Skip to main content

Sejarah Peradaban Yunani Kuno dan Romawi Kuno


Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Yunani kuno adalah peradaban yang tinggi, peradaban inilah yang kemudian dikembangkan oleh bangsa barat, kebudayaan Yunani pada awalnya berasal dari pulau Kereta, letaknya yang strategis, membuat sector perdagangan berkembang sangat maju. Pendudduk pulau kereta awalnya berasal dari asia kecil. Hasil kebudayaan berupa arsitektur, seni patung, dan seni kerajinan.

Setelah runtuhnya peradaban pulau Kereta, sejarah Eropa kuno berkembang di daratan Yunani. Bangsa Yunani kuno terdiri atas berbagai suku bangsa, mereka mendiami wilayah yang disebut Negara kota atau polis. Tanahnya bergunung-gunung membuat wilayah antara polis terpisah-pisah. Polis yang terkenal adalah polis Sparta dan Polis Athena. Polis-polis saling bersaing dalam memperebutkan hegomoni kekuasan di Yunani. Yunani beberapa kali diserang oleh bangsa asing, serangan bangsa Persia berlangsung 3 kali antara 500-400 SM yang disebut perang Persia, sebabnya adalah yunani membantu koloninya di Asia Kecil yang mengakibatkan ekspansi raya Darius Agung.


Polis Athena memimpin Yunani dari tahun 450-404 SM, pada masa ini kehidupan dalam masyarakat demokratis, bebas berpikir dan berkarya. Dan muncul filosof-filosof besar yang terkenal : Socrates, Thales, plato, Aristoteles. Polis Sparta, memerintah Yunani dari tahun 404 SM. Bangsa Sparta memerintah secara Militer dan kekerasan. Pada masa ini ilmu tidak berkembang.

Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani. Daerah koloni Yunani antara lain terdapat di Italia Selatan, Mesir, Palestina dan Asia Kecil (Turki sekarang). Dari kegiatan tersebut muncullah istilah kolonialisme. Antar kaum kolonis dengan negeri induknya tetap terjalin hubungan.

Kepercayaan bangsa Yunani Kuno adalak Politeisme, dewa tertinggi adalah Zeus. Untyuk menghormati dewa Zeus, diadakan pesta Olympiade. Karya sastra yang terkenal adalh buku cerita kephlawanan, yaitu illiad dan odyssey karya Homerus. Seni bangunan dan seni pahat meghasilkan patung seperti di mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup.

Perang Peloponesos mengakibatkan Yunani terpecah-pecah dan semakin lemah, mengakibatkan raja Philipus dari Makedonia dapat menaklukan Yunani. Di wilahyah Yunani timbul budaya baru yaitu buidaya Hellenisme, perpaduan antara budaya Yunani dengan Maakedonia.
ROMAWI KUNO

Peradaban Romawi dikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempat tinggal mereka ‘Latium’. Latium merupakan kawasan lembah pegunungan yang tanahnya baik untuk pertanian. Penduduk Latium kemudian disebut bangsa Latin. Pada mulanya, di daerah Latium inilah bangsa Latin hidup dan berkembang serta menghasilkan peradaban yang tinggi nilainya. Kota Roma yang menjadi pusat kebudayaan mereka terletak di muara sungai Tiber. Waktu berdirinya Kota Roma yang yang terletak di lembah Sungai Tiber tidak diketahui secara pasti. Legenda menyebut bahwa Roma didirikan dua bersaudara keturunan Aenas dari Yunani, Remus dan Romulus.

Sestem pemerintahan Romawi, a. Kerajaan (monarki) 750 SM-500 SM. Raja yang pertama adalah Romulus. Raja-raja romawi berasal dari keturunan pendatang, taitu bangsa Etruska. b. Republik Romawi, 500 SM-27 SM, pada masa ini pembagian penduduk didasarkan atas 2 golongan yaitu patricia dan plebea, pratricia berasal dari tuan-tuan tanah (bagsawan), sedangkana Plebea berasal darigolongan rakyat banyak. Zaman Republik 500 SM-27 SM, Bangsa Latin adalah bangsa terbesar menempati wilayah Romawi. Pola hidup semula bangsa Latin mengandalkan dari alam dengan cara bertani dan beternak, namun sejak kedatangan Yunani, Etrusci dan Kartago mengubah pola hidup semula dan mencoba mengadopsi semua ilmu dan teknologi yang diperolehnya.

Orang-orang dari golongan patricia memegang kedudukandalam lembaga-lembaga politik konsul, senat dan Majelis Assembly.

Zaman Kekaisaran Dilantiknya Octavianus menjadi kaisar (penguasa tunggal) menjadikan bentuk pemerintahan Romawi menjadi kekaisaran dengan Octavianus sebagai kaisar yang pertama. Keadaan negara pada zaman ini dinamakan Pax Romana, artinya Roma yang damai. Octavianus memiliki kekuasaan tunggal atas Imperium Romawi yang memiliki kekuasaan absolut. Ia tidak hanya penguasa dalam bidang pemerintahan dan politik namun juga sebagai kepala agama. Pembaharuan pun dilakukan dengan baik, Kota Roma dilengkapi polisi dan pemadam kebakaran, meningkatkan subsidi gandum, membangun arena olahraga, dan membangun kuil. Peninggalan budaya, berupa bangunan, seni sastra, ilmu pengetahaun, pemerintahan, militer dan hukum. Pada jaman kekaisaran pemerintahan sentralisasi, berpusat pada kasisar.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN ILMIAH PROSES PEMBUATAN TAPE KETAN DAN TUAK

Kata Pengantar Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada hamba-Nya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul ‘’ cara membuat Tape Ketan dan Tuak ’’. Dalam menulis laporan ilmiah ini, alhamdulillah penulis tidak mendapatkan kendala – kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sabaruddin Ahmad S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan. Disini kami juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan kami, selaku penulis dapat dicapai dengan sempurna. Singkawang, 14 febuari 2013 Penulis  

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME

KEMERDEKAAN NEGARA- NEGARA ISLAM DARI IMPERIALISME              Gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik Barat. Disamping paskan itu, perjuangan mereka juga didukung oleh seluruh umat Islam di berbagai wilayah setempat yang menjadikan “kekuatan” yang dahsyat sehingga mereka dapat melepaskan diri dari belenggu imperialisme. Perjuangan mereka biasanya terwujud dalam bebrapa bentuk kegiatan, seperti (1) gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata, dan (2) gerakan pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan itu. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia, yaitupadatanggal 17 Agustus 1945. Indonesia merdeka dari penjajahan Jepang setelah Jepang dikalahkan oleh

laporan ilmiah pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan kacang hijau

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena masih banyak para petani yang belum memaksilmalkan pengunaan pupuk kandang ( kotoran sapi). Penulis melakukan penelitian pertumbuhan tanamankacang hijau dengan persentase pupuk kandang yang berbeda-beda. Dari berbagai dasar-dasar teori telah dipaparkan kandungan-kandungan dalam pupuk kandang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, memang benar bahwa pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Dan dari penelitian kami, pupuk kandang yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, dan harus sesuai dengan kondisi tanah, contohnya kalau tanah yang memiliki kadar nutrisinya rendah akan membutuhkan presentase pupuk kandang yang lebih banyak. Bab 1 : Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen di muka bumi ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah nutrisi. Salah satu sumber nutrisi adalah pupuk